5 Tips Cara Merawat Drone Bagi Pemula

5 Tips Cara Merawat Drone Bagi PemulaKebutuhan maintenance drone tentu berbeda jika dilakukan pemula. Banyak pemula masih bingung bagaimana cara merawat drone yang benar. Terkadang, ada juga pemula yang takut melakukan maintenance sendiri dan malah merusak drone. Untuk pastikan maintenance lancar dilakukan pemula, gunakan saja tips – tipe berikut ini.

Rekomendasi Layanan : Pelatihan GIS

 

Cara Merawat Drone Bagi Pemula

Berikut adalah cara merawat drone untuk pemula. Ikuti langkah berikut!

1. Gunakan Materi Belajar Maintenance Drone

Jika ingin belajar maintenance drone, pastikan cari material yang tepat untuk hal ini. Para pemula disarankan lihat – lihat video tutorial di YouTube. Proses maintenance akan dijelaskan secara visual dengan akurasi yang cukup bagus.

Belajar menggunakan video YouTube juga dapat dibuat spesifik. Jika Anda punya model drone tertentu, coba cari bahasannya di YouTube, pasti akan muncul bagaimana cara perbaiki atau merawat model drone tersebut.

Materi belajar maintenance lain juga dapat dilihat melalui artikel. Banyak artikel di internet, terutama yang berbahasa Inggris, dapat membantu para pemula merawat dronenya. Paduan gambar dan step by step jelas mempermudah pemula untuk melakukan perawatan drone sendiri.

Rekomendasi Pelatihan : Pelatihan Drone Lidar

2. Beli Peralatan yang Pas Untuk Perawatan Drone

Merawat drone tidak dapat dilakukan tanpa alat yang pas. Walaupun masih pemula, pastikan beli alat – alat khusus untuk merawat drone. Umumnya alat yang paling penting antara lain adalah kain microfiber, kain anti-static, kuas pembersih, obeng, tang dan gelang anti statis.

Pastikan juga beli duster electric, penyemprot udara dan vacuum cleaner kecil. Semua ini dapat membantu Anda membersihkan di bagian yang sulit dan membantu menyingkirkan kotoran di area yang rawan sentuhan.

Untuk guide peralatan lain yang lebih advance, para pemula dapat mencari rekomendasi dari banyak sumber lain. Artikel dan video YouTube, banyak yang bahas seputar maintenance drone dan peralatan yang direkomendasi.

3. Fokus Perawatan Pada Hal – Hal yang Simpel Terlebih Dahulu

Bagi para pemula, lakukan cara merawat drone yang simpel terlebih dahulu sambil memahami dan terbiasa bongkar pasang drone. Perawatan simpel ini contohnya bersihkan debu, tanah dan kotoran menumpuk pada parts drone.

Pembersihan yang sederhana ini hanya melibatkan kain anti-static, kuas pembersih, cotton bud dan cairan alkohol pembersih. Menggunakan semua ini, para pemula sudah dapat membersihkan bagian drone yang paling rawan.

Tentu saja bagi yang berani, pembersihan juga dapat melibatkan membongkar motor dan memberikan pelumas pada beberapa partnya. Namun, bagi yang masih takut merusak drone, proses bersih – bersih ringan saja sudah cukup.

4. Gunakan Buku Panduan Drone Sebagai Panduan Bongkar Pasangnya

Setiap drone umumnya memiliki layout dan bentuk berbeda. Karena itu, pastikan para pemula tidak membuang buku panduan drone tersebut. Di dalamnya akan memiliki skema dan parts drone yang penting untuk diperhatikan.

Contoh saja jaringan motor dan koneksi ke battery. Hal ini dapat dilihat pada buku panduan agar tidak salah saat bongkar drone. Pastikan jaringan koneksi tersebut tidak tergangu dan dikembalikan seperti semula setelah proses maintenance dilakukan.

Baca : Penggunaan Drone untuk PTSL

5. Bila Kesulitan Gunakan Jasa Service Drone

Jika menemukan masalah pada drone yang sulit diselesaikan, tidak ada salahnya menyerahkan masalah ini pada yang lebih profesional. Contoh saja saat menemukan rangka atau casis drone yang retak. Cara perbaiki hal ini dapat melibatkan alat khusus dan cara yang rumit. Jadi, daripada melakukan sendiri dan salah, lebih baik serahkan pada jasa service profesional.

Bagaimana? Ternyata tidak sulit bukan belajar maintenance drone? Para pemula yang belajar cara merawat drone dengan tips di atas pasti lebih terbantu. Tidak perlu selalu menggunakan jasa service drone yang mahal lagi. Sekarang perawatan rutin dapat dilakukan sendiri!

kontak technogis indoneisa

Kontak Technogis Indoneisa

 

Belajar Drone Untuk Pemetaan Dari Techno GIS

Ingin belajar penggunaan drone dan perawatannya? Bisa belajar bersama tim Techno GIS Indonesia. Tim kami bisa membantu Anda mempelajari drone untuk kebutuhan pemetaan secara basic sampai dengan pembuatan data peta bersama mentor yang profesional dan tentunya ahli di bidang ini.

Jika tertarik mempelajari tentang drone untuk pemetaan bisa langsung menghubungi tim Techno GIS di kontak technogis ini.

 

Mengenal Kelebihan dan Kelemahan Drone Fixed Wings

Mengenal Kelebihan dan Kelemahan Drone Fixed WingsBagi penggemar teknologi drone, Anda pasti pernah melihat drone fixed wings. Drone ini benar – benar mirip pesawat terbang dengan sayap yang membentang besar. Apa yang menarik dari drone jenis ini dibanding yang menggunakan rotor? Jika ingin mengenal lebih jauh tipe drone bersayap kaku ini, mari bahas bersama pada artikel berikut ini!

Baca : Tips Pemilihan Drone Untuk Pemetaan, Membantu Proses Survey Lebih Efisien

 

Drone Fixed Wings

Sebelum membahas lebih dalam tentang kelebihan dan kelemahan drone tipe ini, tidak ada salahnya bahas dulu apa sebenarnya drone ini. Secara umum, drone ini memiliki sayap layaknya pesawat layang dibandingkan baling – baling seperti drone pada umumnya.

Drone ini didesain untuk terbang dengan memanfaatkan gaya angkat udara saat menempuh jarak jauh. Karena desain ini, drone dengan sayap ini lebih sering digunakan untuk pemantauan dan pengambilan gambar jarak jauh.

 

Kelebihan Fixed Wings

Dari penjelasan tersebut, Anda bisa mengambil beberapa poin kelebihannya. Untuk lebih jelas, berikut adalah beberapa penjelasan tentang kelebihan drone ini:

1. Dapat Terbang Menempuh Jarak Jauh

Kelebihan pertama yang paling jelas terlihat adalah jarak tempuh drone ini. Karena menggunakan daya angkat udara, motor pada drone ini tidak perlu bekerja keras untuk menjaganya tetap terbang. Tercatat model drone ini dapat mengelilingi area dengan jarak beberapa kilometer walaupun hanya menggunakan motor kecil.

Jika menggunakan drone tipe bersayap ini dengan ukuran besar, drone bahkan dapat dikirim untuk menjelajah ukuran hutan luas. Untuk kebutuhan pemantauan area luas dan eksplorasi, tidak ada yang mengalahkan kemampuan terbang drone jenis ini.

2. Mampu Menjaga Ketinggian Lebih Lama

Kelebihan lainnya adalah kemampuan lama terbang. Drone ini dapat didesain untuk menjaga ketinggian terbang sampai berjam – jam. Dalam beberapa penggunaan eksplorasi, drone jenis ini bahkan tercatat dapat terbang selama 16 jam tanpa berhenti.

3. Dapat Terbang Menarget Ketinggian Ekstrem

Kemampuan drone fixed wings juga menonjol untuk terbang di ketinggian tertentu. Drone ini tercatat mampu terbang di ketinggian yang sama dengan pesawat layang. Jika dibandingkan dengan drone model lainnya, pencapaian ini adalah yang paling tinggi.

 

Kelemahan Drone Tipe Fixed Wings

Walaupun memiliki banyak kelebihan, drone ini juga punya sisi negatif. Berikut adalah kelemahan drone ini jika dibanding tipe drone lainnya:

1. Harga yang Jauh Lebih Mahal

Kelemahan pertama adalah soal harga. Desain dan pembuatan drone jenis ini dapat menyamai miniatur pesawat layang. Karena faktor ini, drone perlu di desain khusus dan melewati banyak test sebelum dijual ke pasaran. Biaya untuk desain dan testing pasti tinggi. Hasilnya, harga jual drone ini menjadi mahal.

2. Perlu Pelatihan Khusus Untuk Mengendalikannya

Dibandingkan mengendalikan drone berbaling yang populer saat ini, drone dengan sayap kaku ini lebih sulit dikendalikan. Anda tidak dapat hover layaknya helikopter, tapi mengikuti pergerakan pesawat layang. Perhitungan gerakan angin dan maneuver di udara tidak bisa sembarangan. Karena faktor ini, Anda harus lebih dulu latihan mengendalikannya jika ingin aman pakai dron bersayap ini.

Layanan terkait : Pelatihan Drone Pemetaan

 

Contoh Drone Fixed Wings

Drone Fixed Wings

Salah satu contoh drone fixed wings terbaik saat ini adalah Nivo Vtol V2 yang bisa Anda dapatkan di Techno GIS. Memiliki kelebihan dengan ketahanan terbangnya yang bisa memiliki cakupan luas untuk kebutuhan pemetaan.

Spesifikasi Nivo VTOL V2 ini bisa Anda pahami secara detail di halaman Pesawat UAV NIVO Long Range V2 For Mapping . Penggunaan Nivo cocok digunakan untuk kebutuhan pemetaan lahan, perhitungan pohon, analisis aliran air, analisa ketinggian dan rekonstruksi 3D.

 

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, Anda dapat melihat bahwa drone jenis ini hanya digunakan untuk kebutuhan khusus. Dibandingkan drone dengan model rotor seperti pada umumnya, drone tipe ini perlu pengendalian yang lebih teknis.

Walaupun begitu, bukan berarti Anda yang ingin memiliki drone jenis ini harus mengurungkan niat beli. Selama belajar dulu cara pengendalian dan memastikan penggunaannya aman, Anda pasti juga bisa pakai drone fixed wings secara lancar!

Ingin membeli drone fixed wings untuk banyak kebutuhan? Bisa langsung menghubungi jasa pemetaan Techno GIS yang menyediakan drone fix wings beserta pelatihan gis. Informasi harga dan layanan bisa langsung menghubungi Kontak Techno GIS.

Kontak Technogis

Kontak Technogis

Penggunaan Drone untuk PTSL

Penggunaan Drone untuk PTSLPada akhir tahun 2022, Pemerintah (Menteri Agraria dan Tata ruang dengan Kepala Badan Pertanahan Nasional) berencana akan menggunakan sistem pemetaan drone untuk proses PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap). Hal ini menjadi satu langkah maju yang cukup bagus, sebab sebelumnya untuk PTSL sendiri dilakukan secara manual.

Tentu saja ada beberapa alasan kenapa akhirnya Pemerintah memutuskan menggunakan drone untuk PTSL 2023. Mari kita bahas bersama di ulasan berikut ini.

 

PTSL Adalah

Program PTSL adalah Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap. Merupakan program pendaftaran tanah untuk masyarakat yang dilakukan secara serentak. Tujuan dari program ini adalah membantu masyarakat melindungi tanah yang dimiliki secara hukum sehingga meminimalkan terjadinya sengketa tanah. Selain itu tujuan PTSL adalah membantu pemerintah dalam melakukan penataan kota.

Baca : Pemanfaatan Drone untuk PTSL 2023

Pelatihan gis

Pelatihan GIS | Technogis Indonesia

 

Penggunaan Drone untuk PTSL

Salah satu alasan kenapa akhirnya pemerintah memanfaatkan drone untuk PTSL di tahun 2023 ini adalah agar mempercepat proses pemetaan tanah dan membutuhkan biaya yang lebih terjangkau daripada proses manual.

Menggunakan drone untuk perekaman bidang tanah dari udara untuk kemudian dilakukan pengukuran, maka akan terlihat dengan jelas siapa pemilik tanah, batas tanah yang dimiliki juga luas tanah tersebut.

Proses PTSL menggunakan drone ini akan dilakukan dengan beberapa tahap, diantaranya adalah

  1. Perekaman bidang tanah
  2. Pengukuran
  3. Pengumpulan data yuridis
  4. Pengesahan
  5. Penerbitan sertifikat

Alasan selanjutnya dari PTSL yang menggunakan drone ini adalah agar PTSL memiliki peta dasar yang terpusat dan terintegrasi.

Drone yang memiliki tingkat akurasi tinggi tentunya akan membantu PTSL menjadi lebih akurat karena meminimalkan kesalahan pengukuran juga lebih tersistem. Berbeda dengan PTSL manual yang banyak terjadi kesalahan dalam pengukuran tanah.

Baca : Pengertian Tentang Peta dan Pemanfaatannya Serta Penggunaan Peta

Penggunaan drone yang memiliki tingkat akurasi tinggi ini juga sangat membantu mengetahui kondisi lahan, vegetasi dan juga keadaan tanah dengan cukup baik. Yang akhirnya informasi-informasi ini akan membantu pemerintah dalam pengelolaan dan pengembangan lahan terutama untuk masalah tata kota.

 

Rekomendasi Drone dengan Akurasi Tinggi

Sedang mencari drone untuk kegiatan pemetaan? Bisa menggunakan Nivo VTOL V2. Drone untuk pemetaan yang ada di store Techno GIS. Drone khusus pemetaan untuk segala bidang dengan teknologi VTOL, yang mudah dioperasikan. Dengan daya jelajah 70-100 km dan penggunaan baterai 13.000 mah untuk sekali terbang.

Anda bisa mendapatkan NIVO VTOL V2 ini di store technogis. Informasi pemesanan dan konsultasi bisa langsung hubungi tim Technogis.

Kontak Technogis

Pengertian Tentang Peta dan Pemanfaatannya Serta Penggunaan Peta

Pengertian Tentang Peta dan Pemanfaatannya Serta Penggunaan PetaPada saat di bangku sekolah, pastinya Anda sudah pernah mendapatkan pelajaran tentang peta dan pemanfaatannya. Pengetahuan tersebut diberikan dengan tujuan untuk memudahkan Anda dalam mengetahui arah. Meski begitu, rupanya tidak sedikit orang yang belum paham betul tentang alat bernama peta tersebut.

Banyak orang beranggapan bahwa pengetahuan tentang peta sudah tidak terlalu penting karena sudah ada Google Maps. Meskipun begitu, tidak ada salahnya Anda untuk mengenal peta dengan lebih jauh. Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang peta, manfaat peta sampai penggunaannya.

Artikel Terkait : Tutorial Membuat Peta Dengan Supermap

Drone

 

Pengertian Peta dan Pemanfaatannya

Memahami tentang cara membaca peta serta cara membacanya tentu merupakan hal dasar yang penting untuk dikuasai. Oleh karena itu, bagi Anda yang mungkin belum tahu betul tentang peta, langsung saja mengikuti penjelasan di bawah ini.

1. Pengertian Peta

Pada dasarnya, peta merupakan suatu gambaran permukaan bumi yang disajikan dalam bidang datang dengan menggunakan skala ukuran tertentu melalui sistem proyeksi. Penyajian seperti itu dilakukan guna memudahkan dalam proses membaca peta.

Penyajian peta sendiri juga dilakukan dengan berbagai macam cara. Cara penyajian yang paling sering ditemui adalah penyajian dalam bentuk cetakan kertas atau konvensional dan juga penyajian digital yang ditampilkan pada layar laptop atau komputer.

Apabila dilihat berdasarkan segi bahasa, peta atau map ini berasal dari adaptasi bahasa Yunani, Mappa yang berarti taplak. Namun, secara umum peta dapat diartikan sebagai tampilan lembaran seluruh permukaan bumi yang telah diperkecil menggunakan skala tertentu.

Dengan kata lain, peta merupakan alat yang merepresentasikan tampilan dua dimensi dari objek yang punya ruang tiga dimensi. Sementara untuk bagian yang ditampilkan di peta bisa dibuat sebagian ataupun menampilkan permukaan bumi secara menyeluruh.

Sementara itu, ilmu khusus yang mempelajari tentang pembuatan dan penyusunan peta dikenal dengan nama kartografi. Sedangkan berbagai macam kumpulan peta yang disatukan dapat disebut dengan nama Atlas.

Informasi : Jasa Survey Pemetaan

2. Manfaat Peta

Setelah memahami tentang pengertian dari peta, Anda juga perlu memahami tentang berbagai manfaat peta. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari peta yang penting untuk Anda ketahui.

  1. Peta dapat memperlihatkan lokasi atau posisi sebuah tempat yang ada di permukaan bumi
  2. Peta dapat memberikan informasi tentang ukuran luas, jarak, dan arah dari suatu lokasi di permukaan bumi
  3. Peta memberikan gambaran tentang berbagai macam bentuk permukaan bumi seperti negara, benua, gunung, laut, dan berbagai bentuk lainnya.
  4. Peta bermanfaat bagi peneliti dalam membantu penelitian dan survey yang dilakukan pada sebuah daerah
  5. Peta memberikan informasi data potensi dari sebuah wilayah di permukaan bumi
  6. Peta menjadi alat bantu analisis dalam rangka memperoleh sebuah kesimpulan
  7. Peta bisa digunakan sebagai alat untuk melakukan penjelasan tentang rencana
  8. Peta membantu dalam mempelajari tentang timbal balik dari gejala atau fenomena geografi yang terjadi pada permukaan bumi.

Kontak Technogis

3. Cara Penggunaan Peta

Mempunyai pengetahuan dalam menggunakan peta merupakan salah satu keterampilan yang penting. Nah, bagi Anda yang ingin tahu tentang cara penggunaan peta, langsung saja simak dan pahami informasi berikut ini.

  1. Pilihlah model atau jenis peta yang tepat sesuai dengan tujuan.
  2. Selanjutnya, bukalah peta dan lakukan pemeriksaan agar mendapatkan perspektif yang pas.
  3. Pelajari juga tentang arti dari legenda untuk memudahkan dalam membaca peta.
  4. Selanjutnya, perhatikan juga garis bujur dan lintang
  5. Perhatikan garis lintang dan garis bujur untuk menentukan posisi
  6. Terakhir, perhatikan juga rasio skala yang tertera di peta. Hal ini sangat penting agar Anda bisa tahu jarak sebenarnya dari lokasi yang dilihat.

Itulah tadi beberapa informasi penting terkait peta dan pemanfaatannya yang dapat Anda coba pahami. Semoga dengan adanya informasi tersebut, kini Anda dapat menggunakan peta baik yang konvensional maupun digital dengan baik.

Informasi Lengkap : Peta, Kartografi, dan SIG

 

Belajar Tentang Pemetaan Lebih Mudah Di Techno Gis!

Ingin mempelajari ilmu tentang pemetaan permukaan bumi? Anda bisa belajar di pelatihan gis Techno GIS. Belajar ilmu geospasial bisa lebih mudah dan terarah dengan mentor profesional dari Techno GIS Indonesia. Ada pelatihan dalam kelas maupun luar kelas (praktik) sehingga pelatihan lebih bervariasi dan menyenangkan. Ada pelatihan webgis, pelatihan drone pemetaan dan pelatihan remote sensing yang bisa Anda coba.

cek selengkapnya di kontak techno gis untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang biaya pelatihan dan fasilitas yang Anda dapatkan.

sekian informasi hari ini tentang Pengertian Tentang Peta dan Pemanfaatannya Serta Penggunaan Peta, semoga bermanfaat!