GIS Sebagai Dasar Pengambilan Keputusan Di Berbagai Bidang 

Gis Sebagai Dasar Pengambilan Keputusan Di Berbagai Bidang – Sistem informasi geografis merupakan satu alat yang cukup powerfull untuk membantu pengambilan keputusan yang efektif di berbagai bidang. Kita bisa memadukan data geografis dan analisis spasial untuk mendapatkan wawasan yang dalam dan digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan yang strategis.  Mari kita bahas tentang peran gis dalam pengambilan keputusan di berbagai bidang di ulasan hari ini. 

 

jasa survey dan pemetaan

jasa survey dan pemetaan

 

Peran GIS Sebagai Dasar Pengambilan Keputusan di Berbagai Bidang 

Berikut adalah beberapa peran GIS dalam pengambilan keputusan, dengan bantuan GIS keputusan yang diambil bisa lebih strategis dan meminimalkan resiko kesalahan pengambilan keputusan. 

1. Pengolahan Sumber Daya 

GIS memiliki peran besar untuk membantu kita mengelola sumber daya yang baik. GIS banyak digunakan di sektor kehutanan, tambang, pertanian, lingkungan dan lainya. Hal ini karena GIS memungkinkan untuk membantu proses pengambilan keputusan untuk pengelolaan sumber daya tingkat lanjut, perencanaan juga pengawasan. Beberapa contoh peran GIS untuk mengelola sumber daya ini adalah 

  1. Sektor pertanian, perkebunan, untuk perencanaan penanaman, GIS membantu memberikan data tentang tanah, curah hujan, iklim dan lainya untuk membantu merencanakan sistem penanaman tumbuhan di lingkungan tertentu. 
  2. Sektor kehutanan, GIS dapat membantu memantau dan mengelola hutan dengan mengidentifikasi  daerah rawan kebakaran, memantau daerah penutupan hutan dan juga konservasi hutan. 
  3. Sektor energi dan pertambangan, GIS membantu menganalisis dan memodelkan distribusi mineral juga membantu mengeksplorasi tambang dengan efisien. Selain itu data GIS juga membantu untuk pengelolaan energi terbarukan dengan mengetahui lokasi potensial untuk memasang panel surya atau turbin.

baca juga : Manfaat Lidar Untuk Pemetaan Tambang

 

2. Mitigasi Bencana dan Lingkungan 

Data yang dihasilkan dari SIG bisa membantu untuk menganalisis daerah rawan bencana, sehingga pemerintah atau terkait bisa membuat mitigasi atau rencana pencegahan yang tepat. Bencana seperti gunung meletus, banjir, longsor dan gempa bumi dapat dibentuk mitigasi yang tepat dengan data GIS. 

Dengan GIS, kita bisa menyusun jalur evakuasi, mitigasi dan juga menyusun respon darurat. Dengan begitu resiko besar dari bencana alam dapat diminimalkan. 

Sedangkan untuk lingkungan, GIS membantu menganalisis kondisi lingkungan seperti analisis masalah lingkungan, perubahan iklim, identifikasi kualitas air. Dengan analisa yang lengkap maka pengambilan keputusan untuk langkah ke depannya akan lebih tepat. 

artikel terkait : 

>> Pemanfaatan SIG untuk Mitigasi Bencana Alam di Indonesia

>> Remote Sensing untuk Mitigasi Bencana Gempa Bumi dan Gunung Meletus

 

3. Perencanaan Tata Ruang Daerah 

Informasi GIS dapat membantu dalam pengembangan tata ruang daerah. Data spasial dapat membantu pengambilan keputusan, misalnya untuk membangun jalur transportasi, memilih lokasi untuk proyek pemerintahan tertentu dan juga perencanaan pengembangan daerah. [artikel terkait : Jenis Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan ] 

 

4. Bisnis 

Data spasial/GIS membantu merencanakan rencana dan pengembangan bisnis. Keputusan-keputusan yang strategis dapat diambil dari bantuan data spasial yang ada. Salah satunya adalah membantu pemilihan lokasi yang strategis untuk bisnis, menganalisis demografi pelanggan, membantu memilih rute terbaik untuk keperluan aliran logistik, analisis pesaing dan juga pemetaan penjualan untuk mengidentifikasi penjualan rendah atau tinggi. 

 

5. Sosial

Analisis Demografi dan Sosial menggunakan GIS (Sistem Informasi Geografis) telah menjadi alat yang kuat untuk memahami pola, tren, dan tantangan sosial di berbagai wilayah. Informasi yang didapatkan dari GIS dapat membantu banyak hal dalam bidang sosial, seperti analisis distribusi populasi, analisis kesehatan masyarakat, analisis migrasi dan mobilitas juga analisis dampak kebijakan sosial.

Jadi itulah beberapa manfaat GIS untuk pengambilan keputusan di berbagai bidang. Informasi spasial cukup strategis digunakan untuk berbagai bidang, ada banyak hal yang terbantu dengan adanya informasi spasial ini.

lainya : 5 Contoh Pemanfaatan SIG di Bidang Kesehatan yang Dapat Diaplikasikan

 

Ingin Tahu Lebih Dalam Tentang GIS dan Penerapannya

untuk Berbagai Bidang? Ikuti Kelas GIS

 

Ingin mengenal GIS lebih dalam dan apa bagaimana perannya untuk diaplikasikan diberbagai bidang? bisa mengikuti pelatihan GIS di Techno GIS Indonesia. Kami menyediakan pelatihan GIS dasar dan juga jasa survey pemetaan untuk Anda. Ada banyak layanan yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung banyak project Anda.  Hubungi kami di kontak Techno GIS untuk informasi lengkap tentang pelatihan maupun layanan yang diberikan. Dengan senang hati kami akan memberikan solusi terbaik untuk Anda.

remote sensing untuk mitigasi bencana

remote sensing untuk mitigasi bencana

 

Sekian penjelasan hari ini tentang Peran GIS Sebagai Dasar Pengambilan Keputusan di Berbagai Bidang, semoga bermanfaat untuk Anda!

 

Mewakili Indonesia dan UGM Startup TechnoGIS di InnovFest x Elevating Founder 2023 di Singapura

Techno GIS Ikut Ramaikan InnovFest x Elevating Founder 2023 di Singapura  – InnovFest adalah salah satu acara Startup besar yang sudah rutin digelar setiap tahunnya sejak tahun 2006. InnovFest Expo diselenggarakan oleh NUS (National University of Singapore) ini menjadi acara startup unggulan di Asia. Tahun ini, Techno GIS  menjadi salah satu perwakilan startup dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta di acara InnovFest x Elevating Founder 2023 Singapore Expo selama 6-9 Juni 2023 di Singapura. 

 

Techno GIS Ikut Ramaikan InnovFest x Elevating Founder 2023 di Singapura

Techno GIS bersama NUS di InnovFest x Elevating Founder 2023 Singapura

 

Techno GIS memperkenalkan beberapa produk seperti pesawat nirawak NIVO VTOL dan juga GNSS Equator EQ1 dan Aplikasi GIS Survey Mobile. Dimana ketiga ini merupakan produk buatan Techno GIS yang sudah lama dikembangkan. 

 

Pesawat Nirawak NIVO VTOL adalah produk unggulan Techno GIS yang dirancang memudahkan user dalam penggunaannya. Pesawat ini dapat mendarat secara vertikal seperti drone multicopter namun dalam ketinggian tertentu dapat terbang secara horizontal layaknya drone fixed wings. Juga memiliki daya jelajah lebih lama dan memiliki cakupan area yang luas sehingga untuk keperluan pemantauan daerah maupun pemetaan akan lebih maksimal. 

 

“Iya kedua produk itu merupakan produk buatan Techno GIS  sendiri yang dibuat di workshop Techno GIS. Jadi produk itu merupakan produk utama dan unggulan dari Techno GIS” keterangan dari Staf Teknis Techno GIS, Yusfar Rosyadi saat diwawancara tentang kegiatan InnovFest Expo. 

Techno GIS Ikut Ramaikan InnovFest x Elevating Founder 2023 di Singapura

Penjelasan tentang produk GIS kepada visitor pameran

 

Selain itu juga ada GNSS Equator EQ1 yang dikenalkan dari Techno GIS, produk ini merupakan GNSS yang memiliki ketelitian cukup baik dan penggunaan yang mudah sehingga akan sangat membantu untuk survey pemetaan yang membutuhkan ketelitian tinggi. 

 

“GNSS Equator EQ1 adalah alat yang digunakan dalam kegiatan survei pemetaan, terutama untuk melakukan pengukuran titik koordinat yang membutuhkan ketelitian tinggi. GNSS Equator EQ1 sudah menggunakan Dual Frekuensi dan Presisi yang tinggi. Selain mempunyai interface yang mudah untuk digunakan, produk ini juga punya fitur untuk pengukuran Statik dan pengukuran RTK (Real Time Kinematic). Ketelitian yang dihasilkan dari GNSS Equator EQ1 mencapai ketelitian centimeter (cm)” penjelasan dari Yusfar Rosyadi (19/06/2023). 

 

Techno GIS Ikut Ramaikan InnovFest x Elevating Founder 2023 di Singapura

Direktur Utama Techno GIS memberi penjelasan kepada pengunjung pameran

 

Selain Yusfar Rosyadi, perwakilan dari Techno GIS  yang menghadiri expo tersebut adalah Direktur  utama, Sarono, S.Si, M.Eng. Tujuan Techno GIS mengikuti pameran teknologi unggulan di Singapura ini untuk memperkenalkan produk terbaik Techno GIS dan membuktikan bahwa startup Indonesia bisa membuat produk berkualitas dan bisa eksis secara global. 

 

Selama pameran teknologi ini berlangsung, tim Techno GIS melakukan pemaparan produk dan juga diskusi ringan dengan para pengunjung stand sehingga produk bisa dikenal oleh banyak orang. 

 

Techno GIS berharap pameran teknologi dan acara startup sejenis InnovFest x Elevating Founder ini akan terus ada bahkan juga perlu ada di Indonesia. 

 

Lihat Berita & Artikel  Lainya 

>> Techno GIS Ikut Ramaikan Mercator 2023 di UGM 

expo gis

Expo GIS di Mercator 2023 – UGM Yogyakarta

>> Remote Sensing untuk Mitigasi Bencana Gempa Bumi dan Gunung Meletus 

remote sensing untuk mitigasi bencana

remote sensing untuk mitigasi bencana

>> Survey Geodetik dan Manfaatnya: Teknologi Penting untuk Pembangunan Infrastruktur 

metode survey

gps geodetik/gnss

 

Drone Untuk Pemetaan Topografi dengan Lidar

Drone Untuk Pemetaan Topografi dengan Lidar – Pesawat nirawak atau drone sekarang sudah banyak digunakan oleh masyarakat sekitar. Baik untuk kegiatan multimedia maupun untuk kegiatan industri. Di industri pemetaan, kehadiran drone sangat membantu proses pemetaan. Hal ini karena banyak penerapan pengambilan gambar objek bisa terbantu dengan adanya drone ini. Selain memberikan hasil yang maksimal juga proses pengambilan gambar objek lebih singkat sehingga membuat prosesnya lebih efisien waktu dan cost.

Dalam industri pemetaan, salah satu metode pemetaan yang dapat dilakukan menggunakan drone adalah metode Lidar. Dimana lidar ini cocok untuk pemetaan topografi. Bagaimana sih drone lidar untuk pemetaan topografi? mari kita bahas bersama.

Drone Lidar

Drone Lidar adalah drone yang dilengkapi dengan sensor Light Detection and Ranging (Lidar) yang digunakan untuk pengumpulan data objek pemetaan. Pemetaan Lidar menggunakan drone ini memberikan banyak kemudahan dan hasil yang lebih maksimal. Dimana hasil yang didapatkan lebih akurat dan memiliki ketelitian tinggi. Walau memang saat ini metode pemetaan lidar membutuhkan biaya tinggi, namun hasil yang diberikan cukup maksimal untuk kebutuhan pemetaan. Beberapa kelebihan lain dari drone lidar adalah 

a. Proses pengumpulan data cepat karena memungkinkan melakukan pemantauan luas dengan waktu yang singkat

b. Sangat memungkinkan akses ke daerah yang sulit dijangkau

c. Mendukung mobilitas tinggi

d. Cocok untuk banyak pengaplikasian

Lidar memiliki kelebihan tersendiri untuk pemetaan, dengan kemampuan yang dimilikinya ini membuat lidar menjadi salah satu metode pemetaan yang banyak dipilih terutama untuk proyek besar.

Pemetaan Topografi dengan Drone Lidar

Pemetaan topografi menggunakan drone lidar ini merupakan pilihan terbaik. Hal ini karena dengan drone, proses pemetaan tidak perlu dilakukan secara konvensional. Wilayah yang luas bisa dimaksimalkan dengan lebih mudah dan cepat menggunakan drone. Hal ini adalah sesuatu yang tidak bisa dilakukan jika pemetaan topografi dilakukan secara konvensional.

baca juga : Tips Pemilihan Drone Untuk Pemetaan, Membantu Proses Survey Lebih Efisien 

Selain itu, jangkauan yang didapatkan cukup luas dimana wilayah yang sulit dijangkau oleh manusia bisa dijangkau dengan mudah menggunakan drone. Hal ini akhirnya membuat proses pemetaan lebih efisien waktu dan cost yang dikeluarkan.

Pemetaan topografi menggunakan drone lidar juga cukup akurat karena sensor Lidar menghasilkan data yang akurat sehingga data yang dibutuhkan lebih akurat dan detail. Ada beberapa proses tahapan pemetaan yang dilakukan menggunakan drone Lidar, meliputi proses :

a. Persiapan pemetaan

b. Pengumpulan data

c. Pemrosesan data

d. Analisis data

e. Interpretasi

Baca : Jenis Lidar Untuk Drone / UAV

Pengaplikasian Pemetaan Topografi dengan Drone Lidar

Pengaplikasian pemetaan topografi dengan drone lidar cocok untuk beberapa kebutuhan, diantaranya adalah

a. Pemetaan lingkungan dan ekosistem

b. Survey tanah dan pemantauan lahan

c. Pemodelan bangunan dan infrastruktur

d. Pemantauan kehutanan dan potensi bencana alam

Jasa Pemetaan Lidar

TechnoGIS Indonesia melayani pemetaan LIDAR menggukan pesawat tanpa awak ataupun dengan pesawat Udara. Untuk biaya silahkan baca jasa pemetaan lidar. atau dapat berkonsultasi ke kantor TechnoGIS Indonesi

Jln Pamularsih No 152B
Klaseman, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta 55283

[email protected] / [email protected]
Telp : 0274 – 885879 / Hp : 0813-2552-3979 / Wa : 0813-2552-3979

Techno GIS Indonesia

Techno GIS Indonesia

 

Techno GIS Ikut Ramaikan Mercator 2023 di UGM

Techno GIS Ikut Ramaikan Mercator 2023 di UGMMercator adalah salah satu event pameran yang diselenggarakan Keluarga Mahasiswa Teknik Geodesi Universitas Gadjah Mada. Kegiatan Mercator ini diselenggarakan dengan tujuan untuk membentuk kesadaran masyarakat tentang pentingnya informasi geospasial di kehidupan sehari-hari. Acara ini dirutinkan sampai tahun 2023 ini. Di tahun ini pula, perusahaan jasa pemetaan dan survey, Techno GIS ikuti berpartisipasi dalam meramaikan acara Mercator 2023 ini.

Rekomendasi bacaan : 5 Contoh Pemanfaatan SIG di Bidang Kesehatan yang Dapat Diaplikasikan

Event Mercator 2023 di UGM 

Event yang memiliki semangat memperkenalkan informasi geospasial di masyarakat ini merupakan event rutinan dari Mahasiswa Teknik Geodesi UGM yang memiliki beberapa rangkaian kegiatan. Tiga kegiatan besar yang diagendakan adalah JEJAK berupa lomba tracking GPS tingkat SMA/SMK se- Indonesia,  Seminar Nasional dan juga Expo / Pameran dari beberapa perusahaan di bidang SIG Indonesia. Peserta pameran dan acara Mercator ini berasal dari masyarakat umum, mahasiswa UGM dan juga pelajar SMA/SMK di seluruh Indonesia.

 

techno gis

Both Techno GIS di Mercator 2023

Techno GIS di Mercator 2023

Techno GIS ikut mendukung dan meramaikan acara Mercator 2023 yang dilaksanakan di selasar selatan SGLC FT UGM  ini. Diwakili oleh staff marketing dan teknis, Techno GIS memberikan beberapa edukasi dan display produk untuk memperkenalkan  kepada pengunjung pameran tentang informasi geospasial dan juga produk unggulannya.

Tujuan Tehchno GIS mengikuti Expo Mercator 2023 ini adalah untuk memperkenalkan produk Techno GIS dan juga memberikan wawasan geospasial dan menambah jejaring mitra kepada pengunjung pameran, baik mahasiswa, masyarakat umum maupun pada akademika.

“Tujuan TechnoGIS mengikuti Expo yaitu ingin memperkenalkan produk TechnoGIS kepada mahasiswa untuk menambah wawasan dibidang geospasial, sekaligus memperluas serta menambah jejaring mitra.” keterangan dari Oktaviana Dwi Iskandari sebagai perwakilan tim marketing Techno GIS di acara Mercator 2023.

NIVO VTOL V2 yang merupakan produk drone/pesawat nirawak unggulan hasil workshop Techno GIS yang didisplay saat Expo Mercator 2023. NIVO VTOL adalah perawat nirawak yang powerfull untuk kegiatan pemetaan daerah. Pesawat ini memiliki daya jelajah 70-100 km dan memiliki daya baterai 13.000 sekali terbang. Produk unggulan Techno GIS ini dipamerkan agar semakin banyak dikenal masyarakat.

expo gis di mercator 2023 UGM

expo gis di mercator 2023 UGM

Harapan Techno GIS semoga UGM dan kampus-kampus di Indoensia bisa terus membuat event seperti Mercator agar bisa memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat umum tentang sistem informasi geografis dan pentingnya ilmu tersebut di keseharian.