TechnoGIS Indonesia Berhasil Menyukseskan Acara Wirausaha Merdeka Kampus 2023 di UGM

Yogyakarta. TechnoGIS Indonesia Berhasil Menyukseskan Acara Wirausaha Merdeka Kampus 2023 di UGM – Acara Wirausaha Merdeka Kampus 2023 yang bertema Be Innovative Entrepreneur merupakan bagian dari Kampus Merdeka, Kementerian Kebudayaan dan Riset Teknologi Indonesia. Acara ini diikuti oleh 62 perguruan tinggi dari Sabang sampai Merauke dan diselenggarakan di Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM, Jumat (18/8).

Perwakilan dari TechnoGIS Indonesia di Wirausaha Merdeka Kampus 2023

Program Wirausaha Merdeka Kampus 2023 menjadi momentum penting bagi para mahasiswa dari seluruh Indonesia untuk mendapatkan pemahaman yang lebih luas mengenai pentingnya peran wirausaha dalam menciptakan kehidupan yang lebih baik di masa depan. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk tetap belajar dan mengembangkan diri untuk dipersiapkan menjadi calon wirausahawan melalui aktivitas di luar kampus. Program ini bertujuan untuk mengenalkan sekaligus menumbuhkan mindset wirausaha dikalangan para mahasiswa dengan memberikan fasilitas berupa pengetahuan, pengalaman serta dukungan untuk mendirikan usaha sendiri.

Kegiatan Wirausaha Merdeka Kampus ini menghadirkan para pelaku pengusaha yang sukses terutama dari para alumni perguruan tinggi khususnya Universitas Gadjah Mada. TechnoGIS Indonesia mendapatkan undangan kehormatan menjadi salah satu pengisi acara tersebut. Pendiri TechnoGIS Indonesia, bapak Ir. Sarono, S.Si, M.Eng merupakan alumni Universitas Gadjah Mada yang berhasil menjadi seorang wirausahawan yang sukses. TechnoGIS Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang geospasial dan teknologi.

Berbagai macam teknologi buatan TechnoGIS Indonesia dipamerkan dengan sangat apik di sana. Mulai dari produk TGS GNSS EQ1 RTK yang menjadi metode terbaik digunakan dalam medan yang sulit, UAV NIVO Long Range V2 yang sangat inovatif dan dapat dimanfaatkan dalam segala lahan termasuk dalam mempersiapkan lahan perkebunan, Blue Marine Echosounder Batimetry, GeoLiDAR TLS – Terestrial Laser Scanner yang lebih unggul dibandingkan penggunaan foto udara dan juga produk Landcam LC-4 Spectra Camera Multispectral. Program GIS yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai bidang juga berhasil dimanfaatkan oleh TechnoGIS agar mudah diakses oleh masyarakat melalui diciptakannya aplikasi GIS Survey Mobile yang dapat diakses melalui Android secara gratis. Perwakilan dari TechnoGIS Indonesia, Muh. Lutfi dan Listyana, juga memperkenalkan inovasi teknologi geospasial terbaru dengan baik kepada para mahasiswa.

Penjelasan Produk TechnoGIS Indonesia – UAV NIVO VTOL V2 Long Range

Baca Juga: Mengamati Kesuburan Tanaman Melalui Citra Sensor NDVI yang Lebih Modern

TechnoGIS Indonesia dengan bangga memperkenalkan inovasi produk kepada para mahasiswa. Memperkenalkan berbagai produk TechnoGIS Indonesia mulai dari keunggulan setiap peralatan – peralatan tersebut hingga menjelaskan bahwa semua peralatan tersebut diproduksi dan digagas langsung oleh TechnoGIS Indonesia. Inovasi yang lebih maju dibandingkan produk yang serupa menjadikan peralatan – peralatan tersebut menarik perhatian para mahasiswa yang hadir dalam acara Wirausaha Merdeka Kampus 2023 di UGM.

Rangkaian Acara Wirausaha Merdeka Kampus berakhir dengan sukses dan disambut meriah oleh para mahasiswa dari seluruh Indonesia. TechnoGIS Indonesia yang dipercaya untuk mengisi acara karena TechnoGIS merupakan perusahaan Startup terbaik di Indonesia berharap bahwa melalui program ini akan tercipta mahasiswa-mahasiswa calon wirausahawan sukses di masa depan dengan inovasi-inovasi yang akan terus mengalami perbaharuan untuk menjadikan Indonesia lebih cerdas.

TechnoGIS Indonesia Memeriahkan Acara Indonesia Drone Expo (IDE) 2023 di Jakarta

TechnoGIS Indonesia Memeriahkan Acara Indonesia Drone Expo (IDE) 2023 di Jakarta – JAKARTA.  Acara Indonesia Drone Expo 2023 (IDE 2023) yang diselenggarakan pada tanggal 10-12 Agustus 2023 di Jakarta Internasional Expo Kemayoran Jakarta diisi dengan berbakai acara mulai dari pameran peralatan Drone hingga diskusi umum mengenai berbagai topik tentang drone.

TechnoGIS Indonesia di Acara Indonesia Drone Expo (IDE) 2023

IDE 2023 menghadirkan serangkaian acara menarik yang mencakup pameran peralatan drone, diskusi panel, seminar, dan presentasi produk. Acara ini mengundang perhatian berbagai kalangan, mulai dari para profesional industri hingga penggemar teknologi. Pameran peralatan drone menjadi sorotan utama, dimana berbagai perusahaan memamerkan produk-produk inovatif mereka. Tidak hanya dari kalangan masyarakat Indonesia saja, tetapi juga masyarakat mancanegara juga menghadiri acara IDE 2023 di Jakarta.

TechnoGIS Indonesia  memeriahkan acara IDE 2023 dengan memamerkan produk – produk unggulannya seperti TGS GNSS EQ1 RTK, Blue Marine Echosounder Batimetry, GeoLiDAR TLS – Terestrial Laser Scanner, Landcam LC-4 Spectra Camera Multispectral, dan tentunya kami juga memamerkan Drone UAV NIVO Long Range V2. Produk-produk tersebut mencerminkan perkembangan pesat dalam teknologi geospasial dan drone yang memainkan peran penting dalam berbagai industri, termasuk pemetaan, survei, lingkungan, dan lebih banyak lagi.

TechnoGIS Menjelaskan Produk Unggulannya di IDE 2023

Acara berlangsung dengan antusias yang tinggi dari para tamu yang datang. TechnoGIS Indonesia berhasil memperkenalkan produk-produk inovatifnya kepada audiens dan berhasil memamerkan karyanya hingga berbagai pihak swasta maupun mancanegara mulai tertarik untuk melakukan hubungan kerjasama dengan TechnoGIS Indonesia. Minat dari berbagai pihak ini menandakan bahwa potensi kerjasama yang menguntungkan dapat terjalin di masa depan.

Dengan suksesnya IDE 2023, harapan TechnoGIS yaitu adanya berbagai inovasi teknologi drone dan geospasial akan terus melaju kedepan sehingga menghasilkan solusi yang lebih canggih dan berkelanjutan. Acara ini tidak hanya merayakan prestasi pada saat ini, tetapi juga membantu membentuk arah masa depan yang lebih cerah untuk para inovator drone di Indonesia dan di seluruh dunia.

 

Postingan Lainya : 

>> Mengeksplor Inovasi dan Kolaborasi dari TechnoGIS Indonesia dalam Summer Antwerp School

>> Keikutsertaan TechnoGIS Indonesia dalam Focus Group Discussion (FGD) di Universitas Muhammadiyah

Pemetaan UAV untuk Perkebunan

Jasa Pemetaan UAV untuk Perkebunan – UAV (Unmanned Aerial Vehicle) adalah hal yang banyak dibutuhkan dalam dunia pertanian dan perkebunan modern. Semakin maju teknologi pemetaan, selain digunakan untuk memantau lahan juga semakin maju untuk mengetahui kondisi tumbuhan sampai dengan irigasi. Teknologi UAV memungkinkan para  petani mengelola perkebunan dan pertanian dengan lebih baik.

Beberapa manfaat dari UAV yang dapat membantu pertanian dan perkebunan, antara lain digunakan untuk membantu mengelola irigasi, mengetahui kondisi tanaman, mengetahui kesehatan vegetasi dan juga mengcegah ancaman hama dan penyakit. Bagaimana sih pemetaan UAV berguna untuk perkebunan? mari kita bahas bersama di ulasan hari ini.

uav untuk perkebunan

uav untuk perkebunan

UAV untuk Perkebunan

UAV menjadi alat yang cukup efektif untuk membantu mengelola perkebunan untuk mengumpulkan data visual dan juga membantu menganalisis kondisi tanaman juga tanah untuk perkebunan. Beberapa hal yang dapat dilakukan teknologi UAV untuk perkebunan, antara lain:

1. Uav untuk pengecekan pertumbuhan tanaman

UAV dapat membantu para petani untuk melihat kondisi pertumbuhan tanaman. Hal ini karena UAV dilengkapi dengan kamera untuk merekam gambar dan video dari ketinggian. Sehingga untuk mengecek pertumbuhan tanaman (ketinggian tanaman, area yang lambat berkembang) dan lain sebagainya, UAV bisa membantu mengeceknya dengan sangat baik.

2. Pengecekan Hama Penyakit

Selanjutnya UAV juga cukup efektif digunakan untuk menilai secara dini atau mendeteksi tanda awal hama penyakit pada tanaman. Kamera multispektral dan termal membantu pengeekan hama dan penyakit, karena kamera ini dapat menunjukkan perubahan suhu pada tanaman yang menunjukkan adanya hama/penyakit pada tanaman. Hal ini tidak terlihat dari mata manusia, sehingga akan lebih efektif membantu petani melakukan pencegahan jika tanaman terkena penyakit.

 

[Artikel Terbaru : Drone Untuk Pemetaan Topografi dengan Lidar

 

3. Saluran irigasi perkebunan

UAV juga sangat membantu dalam hal pengelolaan air untuk perkebunan. UAV memungkinkan petani untuk memantau kondisi aliran air atau irigasi perkebunan sehingga akan membantu pengelolaan air yang lebih efisien. Sehingga petani nantinya akan memperoleh informasi tentang kondisi saluran air yang akurat.

Jika ada aliran air yang terhambat, tanda kebocoran maupun erosi dapat terpantau dengan baik dengan pemantauan visual dari UAV. Sedangkan untuk pengoptimalan irigasi seperti perencanaan aliran air, pendeteksian diri masalah dan juga pengoptimasian aliran air juga pemeliharaan juga dapat terbantu dari UAV.

UAV menjadi alat yang kuat untuk membantu mengoptimalkan perkebunan termasuk saluran irigasi yang optimal.

4. Manajemen pupuk

Selanjutnya adalah manajemen pupuk, dimana UAV dapat membantu petani mengidentifikasi area yang membutuhkan pupuk lebih banyak atau juga daerah yang malah kurang pupuk. Dengan pola pemupukan seperti ini maka akan membantu efisiensi biaya pengeluaran pupuk yang lebih baik.

 

Mozaik hasil pemotretan foto udara

Mozaik hasil pemotretan foto udara

Pemetaan melalui pemotretan UAV dapat digunakan untuk pengukuran luasan lahan, jumlah tanaman dalam area pemotretan, jarak tanam tanaman, identifikasi kesehatan tanaman, perhitungan estimasi produksi hasil perkebunan, dan masih banyak lagi.

baca juga : Kelebihan Lidar daripada Foto Udara Kamera 

 

Jasa UAV untuk Perkebunan dari Techno GIS

Jika Anda membutuhkan layanan UAV untuk perkebunan, Techno GIS membantu Anda menganalisis kebutuhan perkebunan untuk kebutuhan pemupukan, melihat kondisi tanaman sampai dengan irigasi. Silahkan konsultasi kami, tim pemetaan GIS kami siap untuk membantu Anda dengan senang hati.

jasa survey dan pemetaan

itulah penjelasan hari ini tentang UAV untuk perkebunan dan juga rekomendasi kami jasa uav dari Techno GIS, semoga bermanfaat untuk Anda!

Kelebihan Lidar daripada Foto Udara Kamera

Kelebihan Lidar daripada Foto Udara Kamera – Untuk melakukan pemetaan topografi dengan uav dapat menggunakan beberapa metode, salah satunya dengan foto Udara kamera atau dengan teknologi lidar. Kedua metode ini paling sering digunakan untuk pemetaan topografi yang cakupan luas sehingga tidak perlu membutuhkan banyak tenaga untuk pengukuran terestrisnya. Lidar memiliki kelebihan daripada melakukan pemetaan topografi dengan menggunakan metode kamera optis. Berikut beberapa kelebihan lidar dibandingkan dengan foto Udara kamera dalam melakukan pemetaan topografi.

Produk Techno GIS : TGS EQ1 GNSS RTK Reciever 

Pemetaan Topografi

Pemetaan topografi adalah proses pembuatan peta yang menggambarkan bentuk dan fitur permukaan bumi. Dalam hal ini pemetaan termasuk dengan elevasi, kontur dan juga perairan di permukaan bumi. Pembuatan pemetaan topografi digunakan untuk menggambarkan secara akurat dan detail permukaan bumi suatu daerah sehingga untuk analisis kontur seperti gunung, lembar, bukit dan daratan dapat dilakukan dengan mudah dan baik. Penggunaan peta topografi nantinya digunakan untuk perencanaan kota, pengelolaan sumber daya alam, navigasi udara dan lain sebagainya.

Metode yang Digunakan untuk Pemetaan Topografi

Untuk melakukan pemetaan topografi, Anda bisa menggunakan metode pemetaan Lidar dan juga foto udara. Kedua metode ini bisa membantu untuk mengumpulkan informasi tentang data permukaan bumi, seperti tinggi rendahnya bangunan, gedung, gunung, hutan dan lainya. Untuk kemudian data-data yang terkumpul digunakan untuk menghasilkan peta topografi yang lengkap dengan elevasi, kontur, detail fitur dan lain sebagainya.

 

Kelebihan Lidar Daripada Foto Udara Kamera

Jika dibandingkan dengan foto udar, Lidar memiliki kelebihan tersendiri. Hal ini terkait dengan kehandalan lidar untuk menciptakan pemtaan yang lebih akurat dibandingkan foto udara. Beberapa kelebihan lidar diantaranya adalah

  1. Lidar memiliki sumber energi sendiri berbeda dengan kamera yang mengandalkan cahaya matahari.
  2. Lidar mampu terbang dengan kondisi yang berkabut berbeda dengan kamera yang harus terhindar kabut.
  3. Dapat mengidentifikasi pohon dengan lebih baik daripada point cloud hasil kamera.
  4. Distorsi lebih kecil daripada menggunakan kamera.
  5. Data merupakan XYZ sedangkan untuk kamera masih berupa foto yang harus digeoref terlebih dahulu.
  6. Akurasi kontur lebih baik daripada menggunakan kamera optis.

Baca : Manfaat Lidar Untuk Pemetaan Topografi

Membutuhkan Jasa Pemetaan Lidar untuk Project Anda?

TechnoGIS Indonesia melayani pemetaan LIDAR menggukan pesawat tanpa awak ataupun dengan pesawat Udara. Untuk biaya silahkan baca jasa pemetaan lidar. atau dapat berkonsultasi ke kantor TechnoGIS Indonesi

Jln Pamularsih No 152B
Klaseman, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta 55283

[email protected] / [email protected]
Telp : 0274 – 885879 / Hp : 0813-2552-3979 / Wa : 0813-2552-3979

Mengeksplor Inovasi dan Kolaborasi dari TechnoGIS Indonesia dalam Summer Antwerp School

YogyakartaSummer Antwerp School telah menjadi acara prestisius yang mendorong inovasi dan kolaborasi lintas budaya, menghadirkan mahasiswa dari Belanda, Belgia, dan Indonesia. Diadakan oleh Direktorat Pengembangan Usaha dan Inkubasi Universitas Gadjah Mada (UGM), program ini bertujuan memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa melalui kunjungan edukatif dan sesi berbagi pengetahuan mengenai akselerator dan startup.

TechnoGIS bersama Mahasiswa dalam Summer Antwerp School

Baca Juga: GIS Sebagai Dasar Pengambilan Keputusan di Berbagai Bidang

TechnoGIS Indonesia, sebuah startup inovatif yang berfokus pada solusi Geographic Information System (GIS), merasa terhormat dapat berpartisipasi dalam acara penting ini. Sebagai salah satu startup yang terpilih, TechnoGIS Indonesia berkesempatan untuk memperkenalkan produk-produk unggulan kepada kelompok 40 mahasiswa yang antusias mengikuti Summer Antwerp School.

Penjelasan Produk Unggulan dari TechnoGIS Indonesia

Memperkenalkan Produk Unggulan TechnoGIS Indonesia

Selama Summer Antwerp School, TechnoGIS Indonesia berkesempatan untuk mempresentasikan rangkaian produk kami kepada para mahasiswa dari Belanda dan Belgia. Beberapa produk unggulan yang dipamerkan antara lain:

  1. TGS GNSS EQ1 – GNSS yang sangat akurat dan handal, dirancang untuk menyediakan data geospasial yang tepat untuk pemetaan dan survei.
  2. NIVO VTOL V2 – Drone dengan kemampuan Vertical Take-off and Landing (VTOL), dilengkapi dengan sensor yang canggih sehingga mampu mengambil gambar udara beresolusi tinggi, sangat membantu dalam berbaagai bidang mulai dari pertanian hingga penilaian infrastruktur.
  3. GeoLiDAR TLS – Menawarkan kemampuan pemetaan 3D yang cepat dan akurat untuk pemodelan detail terain dan infrastruktur.
  4. Blue Marine Echosounder – Perangkat khusus untuk survei hidrografi, dirancang untuk mengumpulkan data batimetri di lingkungan laut untuk riset kelautan dan pengelolaan pesisir.
  5. Kamera Multispektral – Kamera yang mampu mengambil gambar dalam berbagai panjang gelombang, memungkinkan analisis yang tepat terhadap berbagai pemantauan.
  6. Software GIS Survey Mobile – Solusi perangkat lunak yang dirancang untuk memfasilitasi pengumpulan data, analisis, dan visualisasi di lapangan menggunakan perangkat seluler.

Summer Antwerp School di Universitas Gadjah Mada

Sepanjang acara, TechnoGIS Indonesia aktif memberikan demonstrasi mendalam tentang fungsionalitas produk dan aplikasi unggulan tersebut. TechnoGIS sebagai salah satu perwakilan startup dengan antusias berbagi pengalaman dan pengetahuan, serta menginspirasi para mahasiswa untuk mengeksplorasi potensi teknologi GIS.

Ketika rangkaian program acara berakhir, mahasiswa dari Belanda dan Belgia menyampaikan apresiasi mereka atas kesempatan untuk mengetahui mengenai berbagai startup di Indonesia.

Sementara itu, TechnoGIS Indonesia menyampaikan rasa terima kasih atas kesempatan menjadi bagian dari acara Summer Antwerp School ini, dan TechnoGIS akan selalu menantikan kolaborasi dan kemitraan potensial yang mungkin timbul dari pengalaman yang berharga ini.

Keikutsertaan TechnoGIS Indonesia dalam Focus Group Discussion (FGD) di Universitas Muhammadiyah Surakarta

TechnoGIS Indonesia Bersama Para Ahli di FDG Universitas Muhammadiyah Surakarta

Surakarta, 27 Juli 2023 – TechnoGIS Indonesia, sebuah perusahaan teknologi informasi yang berfokus pada solusi Geographical Information System (GIS), telah berperan aktif dalam Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Surakarta. Acara ini merupakan upaya dalam Penyusunan Instrumen Magang Mandiri Program PKKM Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Baca Juga: GIS sebagai Dasar Pengambilan Keputusan  di Berbagai Bidang

FGD di Universitas Muhammadiyah Surakarta menghadirkan para pendukung pelaksanaan Magang Program PKKM seperti perwakilan anggota BRIN, Bappeda Kabupaten Tegal, perwakilan dari CV. Geoproject Mitra Utama Indonesia, PT. Sinargi Visi Utama, anggota BAPPENAS dan tentunya perwakilan dari TechnoGIS Indonesia.

Focus Group Discussion (FDG) di Universitas Muhammadiyah Surakarta

Dalam Focus Group Discussion (FDG) kali ini, perwakilan dari TechnoGIS Indonesia yaitu direktur utama TechnoGIS, Ir.Sarono, S.Si, M.Eng. dan Oktafiana Dwi Iskandari sebagai Koordinator TechnoGIS Indonesia mendengarkan persentasi dari pihak UMS mengenai program PKKM yang dimaksud. Dimana PKKM (Program Kompetisi Kampus Merdeka) merupakan kegiatan yang dirancang untuk memperluas kerjasama Prodi Geografi UMS dengan mitra DUDI untuk melaksanakan kegiatan magang mandiri mahasiswa sejumlah 50 mahasiswa.

Salah satu fokus utama dalam diskusi ini yaitu menjelaskan mengenai persiapan PKKM sebelum dilaksanakannya program magang mandiri pada bulan Agustus hingga bulan Desember 2023. Program PKKM ini sudah dilaksanakan proses penyusunan sejak tanggal 1 Juni 2023. Rangkaian acara diperkirakan untuk selesai pada bulan Desember 2023.

Partisipasi TechnoGIS Indonesia dalam FGD ini merupakan langkah nyata dalam mendukung kolaborasi antara sektor industri dan pendidikan. TechnoGIS Indonesia berkomitmen untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman untuk mengembangkan potensi para mahasiswa di bidang geospasial secara langsung. TechnoGIS Indonesia tidak hanya menyalurkan pengetahuan dan pengalaman di bidang geospasial, tetapi juga mempersiapkan para mahasiswa untuk bisa langsung terjun ke dalam dunia kerja ketika sudah lulus dari bangku perkuliahan.

Dengan semakin aktifnya TechnoGIS Indonesia dalam berpartisipasi dalam diskusi dan kolaborasi seperti FGD di Universitas Muhammadiyah Surakarta, diharapkan penerapan teknologi GIS akan semakin berkembang dan memberikan manfaat yang lebih luas bagi berbagai sektor di Indonesia. Serta dapat mendorong penerapan teknologi GIS yang berkelanjutan dan berdampak positif bagi masyarakat Indonesia.